Serie Pemanasan Asian Enduro 2019 akan di laksanakan di Desa Jurangmangu Pemalang

Sektor pariwisata nasional kini menjadi primadona baru bagi pembangunan nasional. Sumbangan devisa maupun penyerapan tenaga kerja dalam sektor ini amat signifikan bagi devisa negara.  Sejak 2018 sektor pariwisata merupakan penyumbang devisa negara terbesar kedua setelah CPO. Bahkan diperkirakan di tahun 2019 akan menjadi penyumbang terbesar utama.

Jurangmangu – sebuah desa kecil di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang yang terletak di sisi utara kaki Gunung Slamet dengan ketinggian 1400 Mdpl, sejak  tahun 2017 menetapkan menjadi desa wisata petualangan dengan tagline “ JURANGMANGU ADVENTURE VILLAGE “. Tahun 2017 mulai membuka jalur pendakian Gunung Slamet. Sejak dibuka Agustus 2017, sudah ribuan pendaki gunung mencoba jalur Jurangmangu yang terkenal dengan keasrian hutan hujan tropisnya. Desa Jurangmangu terus berinovasi untuk menciptakan tempat wisata baru yang bertema petualangan yang dikelola BUMDES SINERGI GUNA NIAGA (Badan Usaha Milik Desa).  Akhir tahun 2017 mulai merintis wisata petualangan minat khusus dengan “ Jurangmangu Bike Park “. Ada juga Paket Wisata (Bike Camping With Porter) menuruni Puncak Gunung Slamet menggunakan sepeda, yang kemudian dikenal dengan nama NSGA – North Slamet Gravity Adventure. Sejak dibuka awal 2018 sudah puluhan penggiat olah raga minat khusus sepeda gunung dari seluruh Indonesia mencoba keseruan Paket Wisata NSGA.

 

Untuk memperkuat branding JURANGMANGU ADVENTURE VILLAGE dan mempromosikan Jurangmangu Bike Park, tanggal  tanggal 6 – 7 Juli 2019 akan digelar event “ PEMALANG ENDURO 2019 – ASIAN ENDURO SERIES WARM UP “. PEMALANG ENDURO 2019 merupakan event Lomba Sepeda Gunung bergenre Enduro yang bersifat pemanasan untuk prakualifikasi menjadi Event ASIAN ENDURO SERIES. Di tahun 2020 Desa Jurangmangu Pulosari Pemalang akan menjadi salah satu tuan rumah ASIAN ENDURO SERIES yang diikuti oleh pembalap Enduro MTB dari 22 negara di Asia. Panitia Pelaksana  menargetkan 300 peserta yang akan mengikuti PEMALANG ENDURO 2019 yang berasal dari berbagai kota di Indonesia dan beberapa dari luar negeri. Panitia menyediakan total hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 50.000.000 dan doorprize senilai Rp. 50.000.000 untuk 8 kategori kelas pertandingan. Salah satu doorprize yang menarik adalah Frame Polygon FR. Adapun kategori kelas pertandingan terbagi dalam : 

  1. Pro (Open Age) 
  2. U-21 (Usia 16 – 20)
  3. Open (Usia 21 keatas)
  4. Master A (Usia 30 keatas)
  5. Master B (Usia 37 keatas)
  6. Master C (Usia 45 keatas)
  7. Women (Open Age)
  8. King of Mountain (KOM)

Event PEMALANG ENDURO 2019 – ASIAN ENDURO SERIES WARM UP juga diramaikan dengan Lomba Foto dan Video Pendek yang diselenggarakan bersamaan dengan event PEMALANG ENDURO 2019 pada tanggal 6-7 Juli 2019. Hadiah Utama Lomba Foto dan Video Pendek berupa uang tunai masing-masing sebesar Rp. 1 juta rupiah dan 1 buah sepeda MTB Polygon Monarch series. Hasil lomba foto dan video pendek bertujuan untuk  turut menyebarluaskan promosi event dan potensi pariwisata desa Jurangmangu maupun Pemalang pada umumnya serta akan bermanfaat pula bagi kesuksesan event ASIAN ENDURO SERIES di tahun 2020. Dengan harapan di tahun 2020 event ASIAN ENDURO SERIES akan mendapatkan banyak support hadiah dari sponsor dan event akan lebih menarik untuk diikuti oleh lebih banyak peserta nasional maupun internasional.

 

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *