pada awal tahun 2018 ini desa-desa di Kabupaten Pemalang memang sedang menggencarkan sebuah gerakan agar menjadikan desa-desa di Kabupaten Pemalang ini menjadi sebuah Desa Pintar, dengan adanya program puspindes desa-desa dibantu untuk terus melakukan kegiatan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, banyak sekali program-program yang dimasukan ke desa, seperti SIDEKEM yang memudahkan Pemerintah Desa dalam pelayanan surat kepada masyarakat dan menjadi basis data statistic yang ada di desa, Website Desa dengan domain desakupemalang.id yang memberikan informasi lengkap kepada masyarakat luas, pelatihan-pelatihan social media dan pemanfaatan peta desa.

Melihat hal tersebut Pemerintah Desa Jurangmangu berinisiatif membuat sebuah terobosan baru terhadap penyampaian informasi kepada masyarakat dengan membuat sebuah aplikasi android yang didalamnya terdapat banyak menu yang memudahkan masyarakat mengakses informasi, melaporkan kejadian yang ada di desa, surat-menyurat online dan mencari lowongan pekerjaan. Pasti ada yang bertanya dengan adanya aplikasi tersebut, karena Desa sudah mempunyai beberapa media online yang dapat di akses melalui internet seperti halnya website desa yang sudah berjalan dan kenapa harus android? Pemerintah Desa Jurangmangu menyampaikan bahwa sebuah handphone android telah menghabiskan waktu yang lebih panjang dengan si pengguna android dibanding dengan media lain sekalipun dengan pasangan yang kita nikahi, seperti 25 jam dalam sehari manusia menghabiskan waktu bersama android, hehe. Melihat hal tersebut sebuah aplikasi yang ada di android kita akan lebih mudah diakses oleh tangan kita dan pikiran kita dibanding harus mengetik alamat URL atau sejenisnya apabila kita membutuhkan informasi setiap hari tentang Desa Jurangmangu, terutama bagi masyarakat Desa Jurangmangu yang setiap harinya membutuhkan hal tersebut dan Pemerintah Desa Jurangmangu yang membutuhkan akses informasi yang langsung dapat diterima dan diajukan oleh masyarakat.

Didalam aplikasi ini masyarakat dapat mengakses banyak sekali layanan menu, seperti :

Berita Desa

berita di lingkup desa dari kejadian setiap hari yang dimuat oleh Pemerintah Desa Jurangmangu. Berita yang akan diupdate setiap ada kejadian di sekitaran desa dan dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah, berita yang ada di dalamnya adalah berita yang dirasa bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Desa Jurangmangu dan meminimalisir berita HOAX yang berkembang di tengah masyarakat.

Anggaran Desa

Selain berita, masyarakat juga dapat melihat anggaran yang masuk ke desa dan penggunaannya dengan presentasi dan chart yang mudah dibaca.

Struktur Organisasi

struktur organisasi yang ada di Pemerintahan Desa Jurangmangu mulai dari Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, LPMD, PKK, RT/RW, BUMDes, Karang Taruna dan masih bnyak lagi, tujuannya adalah untuk mendekatkan masyarakat dengan orang-orang yang mempunyai jabatan agar ketika terjadi sesuatu atau ketika masyarakat membutuhkan bantuan dari orang-orang didalam organisasi tersebut bisa langsung mengenalinya.

LaporDes

Selain itu di dalam aplikasi ini ada sebuah menu yang disana masyarakat dapat menyampaikan keluhannya terhadap Pemerintah Desa Jurangmangu dengan lebih efisien karena informasi tersebut akan diterima langsung oleh Pemerintah Desa Jurangmangu yang selanjutnya akan di tindak lanjuti. Dengan lapordes masyarakat dapat dengan leluasa menyampaikan aspirasinya kepada Pemerintah Desa. Selain keluhan masyarakat juga dapat melaporkan kejadian wajib lapor seperti kematian dan kelahiran untuk langsung di Update pada data BIP yang ada di desa.

Statistik Desa

Menu berikutnya yang ada di dalam aplikasi ini adalah statistic desa yang isinya adalah kumpulan data-data seperti jumlah penduduk, profil desa, piramida penduduk, tingkat pendidikan, pekerjaan dan dalam pengembangannya aplikasi ini juga akan terdapat data kemiskinan dan masih banyak lagi,

Surat Online

Menu ini dapat membantu masyarakat mengajukan pembuatan surat ke Kantor Desa sebelum si pembuat surat datang ke Kantor Desa, dengan adanya menu ini diharapkan masyarakat akan mendapatkan pelayanan prima tanpa harus antri atau berlama-lama di kantor desa, masyarakat hanya perlu mengisi formulir yang ada di dalam aplikasi selanjutnya tinggal datang ke kantor desa dan surat siap dibawa pulang secara gratis.

Persyaratan Pelayanan

Menu ini berisi kumpulan data persyaratan yang harus dibawa masyarakat disaat akan mengurus sesuatu di Kantor Desa, dengan menu ini diharapkan masyarakat tidak akan bolak-balik ke kantor desa karena kekurangan persyaratan, masyarakat akan lebih siap dan dapat menerima pelayanan lebih cepat dan efisien.

Lowongan Kerja

Menu terakhir yang ditawarkan aplikasi ini adalah sebuah menu dimana masyarakat dapat melihat lowongan pekerjaan yang di posting oleh para pencari pekerja yang juga dapat di lakukan dalam satu menu ini. Para pencari pekerja akan lebih spesifik dalam pencariannya dan para pencari kerja juga akan mendapatkan informasi lowongan yang mereka inginkan.

Itulah tadi sebuah aplikasi dari pemerintah Desa Jurangmangu untuk memudahkan masyarakat Desa Jurangmangu dalam mengakses hal-hal yang berkaitan dengan Pemerintah Desa Jurangmangu, dan nantikan kehadiran e-jurangmangu karena sebentar lagi aplikasi ini akan segera di launching dan dapat di download secara gratis di Google Play Store.

 


AdminDesa

Tim Kominfo Desa Jurangmangu

Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapakan produk produk UMKM Desa Jurangmangu di sini Dismiss